Lokasi alamat pembangunan sejuta rumah murah kesibukan pemerintahan presiden Jokowi dan kisaran harga rumah per unit di Provinsi di Indonesia sudah dicanangkan. Dan harga rumah murah ini berlainan dari tiap-tiap provinsinya.

Tujuan faedah argumentasi kesibukan sejuta rumah murah dibangun dan diresmikan pemerintah ini yakni untuk menyanggupi kelemahan rumah di Indonesia yang meraih 13,5 juta unit dan ditujukan untuk penduduk berpenghasilan rendah.

Presiden Joko Widodo menargetkan kesibukan sejuta rumah murah akan tamat tahun ini. Program ini menyasar keperluan penduduk kelas menengah-bawah yang belum memiliki rumah sendiri.

Untuk tahun ini program sejuta rumah akan dibangun berbarengan di delapan provinsi Di Indonesia yakni diantaranya di provinsi Jakarta, provinsi di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, dan juga Papua.

Lokasi alamat pembangunan sejuta rumah murah kesibukan pemerintahan presiden Jokowi Syarat Harga Rumah Murah Program Jokowi

Harga Rumah Murah Di Program Sejuta Rumah


Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah meluncurkan kesibukan pembangunan satu juta rumah untuk penduduk berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia.

Pembangunannya tidak semua memiliki tipe rumah tapak, melainkan juga ada yang berupa rumah susun. Banyak keistimewaan yang dipersiapkan pemerintah dari kesibukan satu juta rumah tersebut.

‎Maurin Sitorus selaku Pelaksana Tugas (Plt) Dirjen Pembiayaan Perumahan Kementerian PU-Pera menyampaikan bahwa keunggulan keistimewaan dari kesibukan rumah murah ini yakni memiliki duit wajah (down payment/DP) yang sungguh minim seumpama warta yang dilansir dari liputan6.com.

Berikut kisaran harga rumah murah kesibukan Presiden Jokowi seumpama dilansir resmi dari laman situs web Sekretariat Kabinet di 8 provinsi yakni :
  • Wilayah Jabodetabek Rp 120 juta per unit.
  • Pulau Jawa (selain Jabodetabek) Rp 105 juta per unit.
  • Sumatera (kecuali Bangka Belitung) Rp 105 juta per unit.
  • Kalimantan Rp 118 juta per unit.
  • Sulawesi Rp 110 juta per unit.
  • Papua dan Papua Barat Rp 165 juta per unit.
Untuk mempercepat terealisasinya kesibukan ini, Pratikno menambahkan, Presiden Jokowi sudah mengutus jajarannya untuk menghasilkan atau merubah kebijakan yang sudah ada.

Kebijakan itu antara lain kenaikan batas atas rumah yang bebas Pajak Pertambahan Nilai (PPN) dari optimal harga Rp 140 juta menjadi Rp 300 juta.

Rumah yang dibangun dengan memakai Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) atau rumah bersubsidi ini, nantinya akan dijual dengan harga relatif murah dan bunga cicilan rendah.

"Kalau rumah komersial duit wajah dipatok 20 persen, rumah bersubsidi ini cuma menetapkan duit wajah sebesar 1 persen dari harga jual. Begitu pula bunga kreditnya cuma sekitar 5 persen yang sanggup dicicil sampai 20 tahun," kata Pratikno.

Persyaratan Untuk Bisa Membeli Rumah Murah


Rumah murah yang masuk dalam kesibukan sejuta rumah untuk Rakyat dari Pemerintah dan Presiden Jokowi ini ada beberapa syarat dan ketentuan untuk sanggup berbelanja dan memiliki rumah murah tersebut.

Berikut warta yang dilansir dari bisnis.liputan6.com wacana ketentuan tolok ukur syarat berbelanja rumah murah antara lain yakni seumpama yang diterangkan oleh Maurin Sitorus :
  1. Harus penduduk yang memiliki penghasilan optimal Rp 4 juta untuk rumah tapak, bila untuk rumah susun optimal penghasilan Rp 7 juta per bulan.
  2. Para kandidat pemilik rumah mesti belum pernah menemukan akomodasi pembiayaan perumahan dari pemerintah. Maksudnya yakni bahwa bila ingin menemukan rumah yang masuk kesibukan satu juta rumah ini khusus untuk kepemilikan rumah pertama. Misalnya mereka sudah pernah mengajukan rumah subsidi, mempunyai arti kini sudah tidak sanggup lagi.
  3. Uang wajah pembelian rumah murah ini yakni cuma 1 persen dari harga rumah secara keseluruhan. Sedangkan untuk ongkos angsuran sanggup dimulai dengan harga Rp 600 ribu per bulan, tergantung perjanjian perjanjian angsuran.
Meski ini ialah kesibukan pemerintah, tetapi pembangunannya tetap dilaksanakan lewat pengembang (developer).‎ Dengan demikian Maurin tetap mengimbau penduduk untuk lebih aktif dalam mencari rumah-rumah tersebut di kawasan yang diinginkan.