Saat ini, asuransi sudah bisa disebut sebagai kebutuhan bagi setiap orang, termasuk bagi para karyawan. Pasalnya, Anda yang berstatus sebagai karyawan tentu ingin agar kesejahteraan Anda terjamin lewat proteksi kesehatan dan jiwa yang memadai. Terlebih, kesejahteraan Anda juga memengaruhi kesejahteraan keluarga, sehingga Anda butuh produk asuransi yang punya manfaat lebih seperti klaim manfaat kematian karyawan.


Oleh karena itu, Anda perlu cermat ketika memilih produk dan perusahaan asuransi. Pasalnya, asuransi yang tepat dan terpercaya akan memberikan jaminan perlindungan yang lebih tinggi. Nah, untuk membantu memilih asuransi terbaik yang tepat bagi Anda yang berstatus karyawan, yuk simak tips-tips berikut ini!


  1.     Pilih perusahaan asuransi yang kredibel dan punya riwayat yang sehat.

Meskipun sekarang Anda bisa menemukan begitu banyak perusahaan asuransi dengan beragam pilihan produk, bukan berarti Anda lantas bisa memilih secara sembarangan, ya. 


Anda tetap perlu cermat dalam memilihnya agar Anda tidak terjebak oleh produk asuransi abal-abal yang ternyata milik perusahaan asuransi ilegal, alias tidak terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Di samping itu, cermat memilih asuransi juga akan membantu Anda menemukan produk asuransi yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda.


Disarankan Anda memilih perusahaan asuransi yang sudah terdaftar resmi di OJK. Selain itu, pilih juga perusahaan yang punya reputasi yang baik.


2.                   Pilih produk dengan perlindungan 24 jam penuh.


Sekalipun yang Anda cari adalah asuransi untuk karyawan, bukan berarti Anda hanya perlu memilih produk yang memberikan perlindungan selama hari dan jam kerja saja. Pasalnya, Anda perlu memperoleh proteksi dari asuransi secara penuh setiap saat, selama 24 jam setiap harinya.

Seperti diketahui, banyak risiko yang dapat timbul dan terjadi di luar hari dan jam kerja sekalipun contohnya sakit atau kecelakaan. Jika Anda mendapatkan proteksi penuh selama 24 jam, Anda tentu bisa beraktivitas dengan tenang dan nyaman, baik saat di kantor maupun di luar kantor.


3.                   Pilih perusahaan asuransi dengan jaringan rumah sakit yang luas.


Apabila Anda sewaktu-waktu sakit atau mengalami kecelakaan, Anda tentu langsung mendatangi rumah sakit terdekat. Namun, apakah asuransi yang Anda pilih meng-cover biaya perawatan dan pengobatan di rumah sakit tersebut?


Tentu, akan sangat merepotkan kalau ternyata jawabannya adalah tidak karena perusahaan asuransi tersebut memiliki jaringan terbatas. Ketika Anda harusnya mendapatkan proteksi penuh, yang ada Anda malah dibuat repot karena harus pindah rumah sakit atau Anda malah harus membayar semua biayanya sendiri. Kalau sudah begitu, premi asuransi yang sudah Anda bayar akan jadi sia-sia, bukan?


Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mempertimbangkan faktor seberapa luas jaringan rumah sakit yang dimiliki perusahaan asuransi. Makin luas jaringannya, tentu makin baik karena Anda bisa menggunakannya di manapun.


4.                   Manfaat perlindungan yang menyeluruh.


Cermati dengan seksama apa saja manfaat atau benefit yang ditawarkan oleh produk asuransi tersebut. Baik itu asuransi jiwa, asuransi kesehatan, maupun asuransi kecelakaan, pastikan bahwa manfaat yang tersedia benar-benar menyeluruh dan sesuai dengan kebutuhan Anda.


Perhatikan pula detail-detail yang terlihat “sepele”. Misalnya kemudahan dalam mendapatkan perlindungan dan pertanggungan saat menggunakan layanan rumah sakit tanpa harus membayar uang muka atau tanpa harus membayar biaya penuh dan mengajukan penggantian (reimbursement). Dengan begitu, semua biaya pengobatan Anda pastinya ditanggung oleh perusahaan asuransi, yang tentunya lebih praktis dan semakin memudahkan Anda.


Itulah 4 tips dalam memilih asuransi yang tepat bagi karyawan. Semoga informasi di atas bermanfaat untuk Anda dalam memutuskan asuransi yang pas, ya!