Memiliki mobil artinya Anda harus paham juga cara merawatnya. Tidak perlu hal yang terlalu detail, tapi setidaknya Anda tahu perawatan dasar untuk mobil kesayangan Anda. Itulah sebabnya, sebelum sambil menunggu pengajuan kredit mobil bekas Surabaya Anda diterima, ada baiknya Anda pahami beberapa perawatan dasar tersebut. Salah satunya yaitu merawat komponen aki agar lebih awet dengan cara:


1.      Rajin Memanaskan Mesin Kendaraan

Memanaskan kendaraan adalah salah satu cara agar kondisi aki agar tetap berfungsi dengan baik. Lakukan dengan rutin agar muatan listrik tetap terjaga.Namun perhatikan juga usia kendaraan Anda. Untuk Anda yang menggunakan mobil lama, memanaskan mobil mungkin bisa membutuhkan waktu 5-10 menit. Sementara untuk Anda pengguna mobil dengan teknologi baru, memanaskan mobil cukup 1-2 menit saja dan tidak perlu terlalu sering.

2.      Mematikan Komponen Listrik Jika Mesin Sudah Mati

Nah ini adalah kebiasaan mayoritas orang yang cukup sulit untuk diubah, yaitu lupa mematikan komponen listrik ketika mematikan mobil. Misalnya seperti lampu mobil dan sebagainya. Memang tidak semua komponen yang menggunakan listrik dapat dimatikan, seperti sistem dan alarm, tapi dengan mematikan komponen yang bisa maka dapat mengurangi arus listrik yang digunakan saat mobil dalam kondisi mati.

3.      Rajin Mengecek Terminal Aki

Anda perlu tahu bahwasanya terminal aki sangat rentan berkarat dan mengendur, sehingga mengecek kondisinya secara rutin adalah langkah yang tepat agar aki tidak cepat rusak. Selain itu, apabila dibiarkan, lama kelamaan aliran listrik tidak akan sempurna hingga kemungkinan meledak.

4.      Memeriksa Level Air Aki

Level air aki harus selalu diperhatikan dan memastikannya dalam jumlah yang cukup yaitu antara level bawah dan atas. Jangan sampai habis total karena aki akan mudah cepat rusak. Jadi mulai dari sekarang jangan malas untuk memeriksa level air aki ya. Namun, ini hanya berlaku untuk Anda pengguna aki basah. Sebab aki kering pada umumnya tidak akan kekurangan air aki karena tidak dapat diisi ulang.

5.      Mengecek Kebocoran Aki

Anda harus rutin mengecek kondisi aki agar tidak sampai bocor. Jika sudah terlanjur, segera keringkan area sekitar dan ganti dengan aki yang baru apabila kerusakannya tidak dapat diperbaiki.

6.      Periksa Pengikat Aki

Aki memang mempunyai pengikat, tugas Anda adalah memeriksanya dengan rutin dan memastikan tetap pada tempatnya (tidak bergeser). Apabila kendor maka harus dikuatkan kembali.

Aki yang dirawat dengan baik akan membuatnya lebih awet. Namun jangan lupa, komponen apapun pasti tetap memiliki batas usia pakai. Ketika aki memang sudah cukup tua dan mmelebihi masa usia pakainya, maka mengganti dengan aki yang baru adalah pilihan yang tepat.