Saat ini, bisa dikatakan jika kirim paket ke luar negeri dapat dilakukan dengan lebih mudah dan lebih cepat. Selain sistem yang sudah semakin modern, ada cukup banyak jasa ekspedisi yang menawarkan layanan pengiriman paket ke luar negeri. Tentu, Anda nantinya akan memiliki banyak pilihan ekspedisi untuk dijadikan mitra pengiriman.



Hanya saja, terkait pengiriman paket ke luar negeri tersebut, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, terutama untuk mengatasi masalah yang kerap muncul. Nah, pada kesempatan ini akan dibahas beberapa hal yang cukup penting dilakukan agar masalah selama pengiriman ke luar negeri bisa diatasi dengan tepat.

Apa saja hal yang dimaksud? Simak ulasan selengkapnya!

Tips Mengatasi Masalah yang Terjadi Dalam Pengiriman ke Luar Negeri

Sebagaimana disinggung di awal, ada beberapa masalah yang cukup sering terjadi dalam pengiriman ke luar negeri. Tentu saja, masalah tersebut harus diatasi dengan baik agar tidak terjadi kerugian dalam proses pengiriman tersebut.

Nah, beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut diantaranya adalah sebagai berikut:

1)      Penulisan nama dan alamat yang lengkap

Salah satu masalah yang kerap terjadi dalam pengiriman barang ke luar negeri adalah paket yang nyasar atau tidak sampai ke tujuan dalam waktu yang lama. Hal ini umumnya disebabkan karena penulisan nama dan alamat yang kurang lengkap, seperti tidak adanya nomor telepon tujuan atau lainnya.

Untuk mengatasi masalah ini, pastikan jika Anda menulis nama dan alamat tujuan tersebut dengan lengkap hingga ke detail terkecil. Ini adalah hal yang sangat penting agar nantinya paket yang dikirimkan lekas sampai.

2)      Perhatikan penulisan marking code

Beberapa perusahaan ekspedisi ke luar negeri menggunakan fitur marking code. Ini adalah salah satu fitur yang akan memudahkan pengiriman, terutama untuk jalur-jalur pengiriman tertentu yang biasanya cenderung lebih pelosok.

Nah, jika Anda menggunakan layanan ekspedisi yang menggunakan marking code, maka pastikan jika Anda menuliskan marking code tersebut dengan benar. Dampak dari kesalahan penulisan tersebut tentu sama dari poin sebelumnya di mana paket yang dikirimkan akan nyasar dan bisa saja tidak sampai ke alamat pemesan.

3)      Pastikan paket bukan termasuk dangerous goods

Hal yang perlu diperhatikan dengan saksama perihal pengiriman ke luar negeri adalah pastikan jika barang yang Anda kirim bukan merupakan dangerous goods. Seperti artinya, barang yang dimaksud adalah barang-barang yang cenderung berbahaya.

Perlu diketahui bahwa beberapa negara melakukan beberapa pembatasan untuk pengiriman tertentu. Pastikan jika paket yang Anda kirimkan tidak berisi barang yang masuk dalam pembatasan tersebut. Nah, dengan demikian, Anda bisa melakukan pengiriman tanpa adanya rasa khawatir.

4)      Dapatkan nomor resi pengiriman

Meskipun tampak sepele, nomor resi adalah hal yang penting dalam pengiriman ke luar negeri. Oleh karenanya, untuk Anda yang melakukan pengiriman ke luar negeri, dapatkan nomor resi pengiriman tersebut.

Dengan menggunakan nomor resi tersebut, tentu Anda bisa melakukan pelacakan dari barang yang dikirim dengan mudah. Juga, nomor resi merupakan bukti jika Anda menggunakan layanan ekspedisi yang profesional dan terpercaya.

Beberapa hal di atas penting dipahami demi kelancaran pengiriman paket ke luar negeri. Nah, untuk kemudahan lainnya, Anda bisa menggunakan layanan Kilo.id. Tidak hanya menawarkan ekspedisi ke luar negeri yang cepat, Kilo.id juga menyediakan layanan dengan ongkir ke Taiwan dan berbagai negara tujuan lainnya dengan terjangkau!

Deskripsi: kirim paket ke luar negeri kini bisa dilakukan dengan lebih mudah. Hanya saja, Anda perlu memperhatikan beberapa hal untuk mengatasi masalah yang mungkin terjadi.